My Super BLP team :)

2 daroi Jambi, 1 dari Depok, dan 2 dari Singapura, akan mengerjakan proyek yang berkaitan dengan sekolah di hutan rimba. Pemirsa, Bagaimana kisah mereka 3 bulan kedepan? Kita berdoa saja.. semoga kegiatan ini berhasil dan bisa membawa manfaat. Let’s Unleash Indonesia!!!

image

26 Mei – 27 Mei 2012, Hotel Borobudur Jakarta.

Forum 2 Young Leaders For Indonesia (YLI)  kali ini sangat berkesan. Sama seperti forum 1, banyak CEO yang memberikan inspirasi terkait dengan pengalaman mereka sebagai leader. Di forum 2 ini juga kita mendapat pembekalan framework khas McKinsey untuk best form of communication, how to influence people, high performing team, product innovation competition, sharing our PLP, and many others. Perhaps, next time I will share those experiences to you.

The most interesting thing for me was our Breakthrough Leadership Project (BLP). BLP ini adalah proyek 3 bulan yang akan dilakukan para young leaders for Indonesia untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh perusahaan/instansi yang menjadi client dari McKinsey. 60 young leaders ini are assigned to 10 teams, each team gets a problem to be solved.

At the beginning, I was wishing to be a part of the marketing team as I am passionate in that field. Ada UKP4, YLI scaling up, Indonesia Mengajar, United Tractors, Samsung, Sinarmas, tourism project di Bunaken, pengembangan desa di Bali,  dan Ruma Sokola. I have no idea about the last one. Itu komunitas kah? yayasan kah? atau apa? Tapi ternyata, justru dapetnya yang itu. I really had no idea what is it about! I was asking why they send me to this community? Oh, Mungkin karena my last PLP yang gw kerjain adalah proyek sosial juga berkaitan dengan masalah minimnya fasilitas pendidikan, jadi gw ditaro ke kemunitas Ruma Sokola deh.. Mungkin jg karena posisi geografis, jadi gw di assigned ke Ruma Sokola.

Liat2 daftar team, lebih kaget lagi. Ada Hafidh dan Michel yang kuliah di singapur, kak Pascal yg di UI, dan Gue + Kak Dwi yang dari Jambi. Nah loh, background kami berbeda-beda. Afi double degree finance dan business, Michelle ambil hukum, kak Pascal dan gw manajemen, dan kak dwi dari pendidikan. Tantangannya adalah “Developing integrated management system at Ruma Sokola” . Nah, terus gimana cara kami bekerja dalam 3 bulan ke depan?

Then we started gathering the information. Ternyata Ruma Sokola ini adalah sekolah-sekolah di hutan rimba yang dibuat oleh Butet Manurung! Ada di Jambi, Makassar, Bulukumba, Halmahera, Flores. “Wah, bisa jalan2 nih” I thought. Terus dapet lah satu artikel tentang pengalaman pengajar disana, mereka hidup nomaden, makan dari hasil berburu, etc. “Oke, ini ga jadi jalan2″ -___-” that will be a really exciting challenge!

Keesokan harinya, kami brainstorming dengan salah satu co-founder dari ruma sokola ini. Sharing tentang kondisi managemen dari tiap2 provinsi tersebut dan bagaimana kinerja tim di headQuarter. Dari diskusi itu baru lah kami mendapat gambaran tentang apa yang akan kami lakukan like how to restructure the organization, improve the flow of information, improve the project, at the end we have to improve the management dari Ruma Sokola.

Key challenges that our team face is about the distance between Singapura to Jakarta to the forest where they do the project. Michelle, lagi ga bisa keluar dari singapura for couple months later; I my self, will be obviously extremely busy for the next 1 months due to some deadline, kak Pascal lagi skripsi, and other things related to time management.

Thus, I am wondering what will be happened in the next 3 months. Hope that everything is gonna be great, our team can make a high performance, terus we can really make differences to Ruma Sokola. Amiinn

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on May 28, 2012, in Metamorfose Kuliah Wai. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: