Dapet Award di usia 5 bulan –YAFI–

YAFI Mendapat penghargaan “Inspiring Student’s Social Movement” di usia 5 bulan? Waw, kita ga pernah merencanakan itu di awal. YAFI ketika baru dilahirkan ditujukan untuk AKSI, kalau ternyata ada yang mengapresiasi seperti ini, itu sungguh diluar ekspektasi dari main team YAFI. Penghargaan ini untuk semua volunteer yang rela subuh-subuh di hari sabtu berangkat ke Tambora untuk berbakti dan main team YAFI yang menghabiskan waktu dan fikirannya untuk membuat konsep-konsep kegiatan yang seru banget!  You are all fantastic!!!

SD Islam Tambora, kami melihat keterbatasan disana. Sudah berdiri sejak 1950, tapi belum punya perpustakaan. Muridnya tak mampu membeli buku paket, maklum mayoritas orang tuanya bekerja sebagai buruh, pemulung, bahkan ada siswa yang juga bekerja sebagai pembantu sepulang sekolah. Kesejahteraan gurunya? Gaji tertinggi adalah 250 ribu, itu guru yang sudah puluhan tahun mengajar. Kualitas pendidikan? Jangan tanya, kelas 5 bahkan banyak yang belum hafal perkalian.

#KamiBerbakti hadir disini. Kami ingin meningkatkan kualitas dan fasilitas pendidikan mereka. Karena kami mahasiswa, belum punya modal, maka yang paling mudah dilakukan duluan adalah MENGAJAR dan MEMOTIVASI. Awalnya ada yang melukis “aku mau jadi presiden” , dihapus menjadi “Polisi” dihapus lagi menjadi “Nelayan” , loh kok dihapus? “susah kak, ketinggian”. Dengan membawa volunteer dari berbagai latar belakang pendidikan, ada tata rias, manajemen, kedokteran, kesehatan, komputer, dll, mereka menceritakan bahwa semua anak berhak untuk memiliki cita-cita dan menjadi apa yang mereka mau.

Selanjutnya, kami mengajak mereka untuk olimpiade sains Kuark Nasional 2012. Jreng!! “Ikut lomba melukis sekecamatan saja mereka malu!!” begitu gurunya berkata. Dengan proses yang lumayan rumit di awal, sempat berdebat, akhirnya YAFi mendapatkan izin untuk mengikutsertakan siswa SD I tambora untuk Olimpiade. Makasi banget buat para volunteer YAFI, yang rela meluangkan jumat-sabtunya untuk mengajar jauh-jauh di tambora. Kita harus membuktikan bahwa mereka pun pantas untuk menjadi seseorang yang dihargai.

We finally made it!! Akhirnya 3 orang siswa SD I Tambora MASUK KE BABAK SEMI FINAL OLIMPIADE SAINS KUARK NASIONAL 2012! Ini prestasi yang membuatku terharu, bangga, agak ga percaya (sampe harus ngirim email ke presdir kuark, nanyain ini benar-benar karena adiknya, atau karena ibunya kenal sama aku jadi ibunya nolong adik2nya? Ternyata emang ini hasil yang murni!!!)

Irfan, Anisa Jelita, Anisa Fajriah, Mereka dan teman-temannya telah menunjukkan bahwa di dalam keterbatasan itu, mereka menjadi tidak terbatas!!! Mereka perlu yakin, berani, belajar sungguh-sungguh, dan akhirnya bisa mendapatkan ini.

Rendy, Pemeran Aray di film Sang Pemimpi pun ikut hadir memotivasi mereka. Meski tinggal di kampung, ia bisa mewujudkan mimpinya untuk menjadi artis. Bercita-cita itu penting, dan lebih penting lagi berusaha untuk menggapainya.

Target meningkatkan fasilitas di awal #KamiBerbakti juga sebentar lagi akan terwujud!!! Sekolah yang berdiri sejak 62 tahun yang lalu ini akan segera memiliki perpustakaan karena banyak donatur yang tergerak untuk membantu. Saat ini tim YAFI sedang mengemas keperluan-keperluan untuk membuat perpustakaan itu. Diharapkan semua siswa bisa memiliki buku paket untuk belajar.

Selain itu, #KamiBerbakti yang biasanya volunteernya adalah mahasiswa, pada awal Mei nanti akan sedikit berubah menjadi #ManajerBerbakti.  Para Profesional muda akan meluangkan hari sabtunya untuk ikut mengajar, memotivasi, dan menginspirasi adik-adik di SD Islam Tambora.

Itu adalah perjalanan  sebuah ide kecil di bawah pohon rindang di depan Stadion Gelora Bung Karno 5 bulan yang lalu. Kini bayi yafiku sudah mulai berjalan. Banyak orang yang mulai memperhatikan langkahnya. YAFI, tepat di usianya yang ke-5 bulan, menerima penghargaan dari MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia), sebagai “Inspiring Student’s Social Movement” di bidang pendidikan.  Keep Spirit-Inspiring-Action-Change-

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on April 18, 2012, in wai dan YAFI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: