Bang Ardhi,lulus S.2 Cambridge University, “membersihkan” puskesmas kampung

Pertama kali bertemu sosok yang sederhana dan rendah hati ini, aku tak mengira bahwa dia adalah salah satu “orang super”. Sifatnya yang ramah, tidak membuatku canggung untuk bercanda bebas meski baru kenal sehari. Ardhy Wokas. Belakangan aku tahu, ternyata pria asli Maluku ini sudah menyelesaikan S.1 di kedokteran gigi UMY, kemudian mendapatkan beasiswa untuk memperdalam studinya di Cambridge University, dengan program double degree, public health dan hospital management.

Kenapa aku menyebutnya “orang super?”? Setelah menyelesaikan double degreenya di Cambrige University, ia kembali ke Indonesia, lalu mendapatkan tawaran dari salah satu perusahaan besar di Indonesia. Mobil, rumah, gaji yang amat sangat bagus, justru ia tolak. Super. Ia justru memilih menjadi dokter relawan di pelosok Maluku sana.

Apa yang ia lakukan? Ini yang membuatku kagum. Ia kembali untuk membangun ulang sebuah puskesmas yang kondisinya tak diperhatikan oleh pemerintah. Fasilitas medisnya dibawa kabur oleh bidan untuk membuat klinik komersial sendiri. Bangunan puskesmas itu lebih layak disebut sebagai kandang kambing.

Bayangin wai, gue ngusir-ngusir kambing disana, bersihin lumut dan rumput2 di puskesmas” ceritanya ketika kami duduk bersebelahan di bus sepulang dari acara sidang Parlemen Muda Indonesia 2012. Super! Lulusan S.2 cambridge, menolak semua fasilitas mewah dari perusahaan, dan lebih memilih menjadi dokter sukarela di Maluku. SUPER.

Baginya, apa yang dia lakukan untuk Maluku itu adalah bentuk pengabdiannya bagi kampung halaman. Ia bercita-cita ingin mendirikan klinik murah yang bisa diakses rakyat miskin di masa depan.

Tapi nanti gue juga harus punya penghasilan karena suatu saat gue punya keluarga yang harus dihidupi” Tukas pria yang baru berusia 23 tahun dan akan melanjutkan S.3 bulan November nanti ini.

Wah.. Kak Ardhi.. Makasi atas cerita yang menginspirasinya. Sukses S.3 segera ya!! Cepat pulang lagi ke Indonesia, traktir kita jalan-jalan di Jogja! J

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on February 27, 2012, in Orang "super". Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. masya allah..malah ditulis diblogmu..semoga bisa jadi inspirasi buat kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: