SOPA dan PIPA

Dimana-mana heboh protes menentang RUU SOPA dan PIPA. Banyak orang yang mengganti profil dan mendukung aksi protes terhadap RUU tersebut. Bahka #ImagineTheWorldWithoutFreeKnowledge itu pun sempat menjadi trending topic di twitter. Trus gw jadi bertanya-tanya, apa sih sebenarnya RUU SOPA dan PIPA itu? Stop Online Piracy Act? Protect IP Act?  Judulnya kok bagus y? Kalau memang tujuannya baik untuk meminimalisir pembajakan, ya bagus kan? knp harus diprotes?

Imagine the world without free Knowldege, itu kampanye para orang2 yg protes. Disisi lain, ada juga yang mendukung #StopPiracy. Sederhananya gini deh kl ad SOPA: Kamu ga bisa donlot ebook buku kuliah gratisan dan bajakan di internet lagi, ga bisa donlot film baru bajakan di youtube lagi, dan ga bisa pasang iklan2 untuk ngejual barang2 bermerk mahal tapi versi KW 1, KW 2, dst. NO PIRACY!

Jadi kamu milih: mau melindungi hak cipta orang2 yang udh capek2 nulis buku2 pelajaran dengan membeli buku2 asli atau ebook2 asli mereka, atau lebih suka copy file bajakan dari temen??? Kamu lebih suka beli film2 baru atau donlot bajakan?? Kamu suka jualan barang2 KW ga? Kamu suka menyadur tulisan2 di internet dan menulisnya lagi di blog kamu seolah2 itu tulisan kamu g?

Nah, buat kamu yg belum ngerti SOPA dan PIPA itu apa positif negatifnya, yok coba baca ini dulu sebelum ikut-ikut protes :)

SOPA (Stop Online Piracy Act)  itu adalah rancangan undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah AS pada oktober 2011 lalu. Kalo rancangan ini disahkan, maka departemen Hukum US dan para pemegang hak cipta boleh menuntut secara hukum terhadap situs-situs yang dituduh melanggar hak cipta. Pengadilan bisa menuntut secara hukum untuk menghentikan kerja jaringan kepada iklan-iklan online dan fasilitator pembayaran yang diduga memelanggar peraturan, membatasi search engine untuk memberikan referensi ke jaringan tersebut, dan meminta kepada internet service providers untuk memblok akses kepada situs-situs yg melanggar hak cipta tersebut.

Sebenarnya RUU ini tidak banyak berpengaruh pada orang Indonesia karena hukumannya lebih mengarah kepada orang-orang U.S. Namun, karena ini soal internet, yang dipakai oleh orang banyak, maka orang indonesia bisa merasakan dampaknya juga. Misalnya, Kalau Wikipedia ditutup? Nah loh pusing kan? Gimana tugas kuliah kita? Wikipedia itu kan lebih keren daripada mbah dukun yang bisa ngeramal, mau tanya-tanya mata kuliah apa aja ada. pusing kan kita kalo wikipedia ditutup? terus kalo ada yang masang-masang iklan produk-produk bajakan di blog kita, padahal kita sebagai pemilik blog ga tau apa-apa, nah itu bisa aja kita diseret2 sebagai pelaku tindak kriminal lho.

GA BISA DONLOT FILM DARI YOUTUBE LAGI!! Nah, itu dia! Para penyuka donlot film gratis pasti bakal hancur hatinya ketika dy tau ga bisa bebas lagi donlot film2 di youtube. No Piracy!! haha.. Tapi buat yg punya film ya mereka suka2 aja lah.. Coba lo bayangin kalo ada disisi para seniman atau penulis. pasti lo gak mau kan karya lo disebar bebas secara gratis dan dipalsukan hak ciptanya di internet? nah, UU ini bisa jadi positif juga. Situs-situs yang memalsukan hak cipta seperti gambar, video klip, dll bisa dihukum berupa pemblokiran situs oleh ISP di AS, terus situs itu tidak dicantumkan dalam mesin pencarian, bahkan bisa dihadang untuk menjalankan bisnis online dan tidak bisa ikut paypal.

RUU itu akan menganggap streaming of copyrighted content sebagai sebuah tindakan kriminal, dengan maksimum hukuman penjaara 5 tahun atau 10 tahun untuk pelanggaran hak cipta. Jadi kita ga bisa nonton gratis film-film bajakan di internet lagi. Bagus atau jelek? Ya tergantung lo diposisi mana. Kalo lo si pemilik lagu, video klip, film, dll pasti lo mendukung kan perlindungan atas hak2 ciptakarya lo? Nah, kl dari sisi penonton, pasti suka bgt yg gratisan dan bajakan, dan jelas menolak RUU ini.

RUU itu juga memberikan kekebalan kepada internet service yang secara sukarela memerangi aksi menentang situs yang melakukan pelanggaran dan bertanggung jawab atas kesalahpahaman tentang pelanggaran tersebut.

Pendukung RUU tersebut mengatakan bahwa RUU tersebut bisa melindungi Hak kekayaan Intelektual, terkait dengan industri, pekerjaan, dan pendapatan, sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan peraturan hak cipta, khususnya untuk situs asing. Pihak yang menentang RUU tersebut mengatakan bahwa UU tersebut bertentangan dengan amandemen pertama, yaitu mengenai sensor internet, yang akan membuat internet lumpuh, dan akan menganggu kegiatan whistle-blowing dan aksi berbicara secara bebas lainnya. Pihak oposisi ini juga telah melakuan aksi protes seperti petition drives, memboykot perusahaan yang mendukung legislasi RUU tersebut dan berencana memblok Wikipedia baahsa inggris dan beberapa persuahaan persuahaan besar lain dijadwalkan akan ikut diblokir untuk sidang congressional hearing.

Perdebatan ini akan dilanjutkan pada januari 2012. Namun, pada 17 Januari, Ketua Komite Hukum, Smith, mengatakan bahwa sidang ini akan dilanjutkan pada februari.

Nah, jadi itu positif dan negatifnya RUU SOPA, apakah kamu mau ikut medukung disahkannya RUU tersebut atau ikut menentangnya? Semua hal tentu ada nilai positif dan negatifnya kan..

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on January 19, 2012, in Pemikiran Sakti Wai. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: