Kami Berbakti

NEXT PROJECT

Kita bisa sibuk dengan rutinitas kita sendiri, tidak ada yang berubah bagi mereka.

Kita bisa protes kepada pemerintah , energi habis, pun tidak ada yang berubah bagi mereka.

Kita bisa memilih untuk berAKSI! Lakukan perubahan dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Bersama, kita membawa optimisme perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

“INDONESIA, KAMI BERBAKTI PADAMU” !

“Aku ingin menjadi dokter” mungkin itu jawaban yang sering kalian dapat jika bertanya kepada keponakan kalian tentang cita-cita mereka. Pernahkah kalian menanyakan hal yang sama dengan anak-anak di pinggiran jalan yang ekonominya kurang beruntung? Beranikah mereka menjawab “ingin menjadi presiden”. Jangankan itu, pernahkah terbesit semangat di hati mereka untuk bisa kuliah? Tak berani, tak punya uang, begitu fikir mereka.

SD Islam Tambora, Jakarta Barat. puluhan tahun berdiri, ia belum punya perpustakaan. Kata orang buku adalah jendela dunia. Hey, buku pelajaran yang mereka gunakan hanyalah lembar kerja siswa (LKS), bagaimana mereka bisa melihat dunia? Lebih lagi, sekolah ini belum punya perpustakaan padahal sudah puluhan tahun berdiri. Hey! Ini jakarta!  Ibukota negara! Pusat segala peradaban. Sebelum jauh melihat pelosok daerah, lihat dulu sekitar kita.

YAFI, youth’s act for indonesia, melakukan proyek sosialnya di bidang pendidikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. KAMI BERBAKTI, adalah platform dari kegiatan yang bertujuan untuk mengINSPIRASI, meMOTIVASI,dan mengAJAR anak-anak di SD Islam Tambora tersebut. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD tersebut dan juga meningkatkan optimisme dari siswanya agar berani dan semangat untuk mengejar cita-cita mereka.

Uang sekolah senilai 25 ribu rupiah  sering terlambat dibayarkan karena alasan keuangan keluarga yang tidak baik. Akhirnya, gaji guru yang hanya 250 ribu per bulan pun menjadi telat dibayar. Kalau bukan karena kemuliaan hati, mungkin sudah lama guru disini berhenti mengajar dan pindah ke sekolah lain. Salut dan hormatku untuk bapak dan ibu guru disana.

Siswa di SD tersebut berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah, ayah dan ibu mereka bekerja dari pagi hingga malam. Tak jarang mereka mengeluh karena tak ada yang membantu mereka mengerjakan PR di rumah. Disini peran guru jadi bertambah. Selain jadi pengajar, mereka juga menjadi sosok yang mengarahkan cita-cita muridnya. Sekali lagi, salutku untuk Bapak dan Ibu guru di SD Islam tambora.

KAMI BERBAKTI akan hadir disana. Target yang ingin dicapai adalah pengadaan buku-buku bacaan anak untuk menjadi perpustakaan YAFI di SD Islam tambora, meningkatkan semangat belajar siswa dengan cara mengundang sebanyak-banyaknya volunteer dari mahasiswa untuk mengajar dan menjadi role model yang bisa dicontoh, serta meningkatkan mutu pendidikan dengan membantu mereka belajar setiap hari sabtu.

Semoga program ini tercapai, dan pengabdianku memberikan banyak manfaat kepada Indonesia .

wai_Untuk Indonesia yang lebih baik

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on December 15, 2011, in wai dan YAFI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: