Air Terjun Telun Berasap -Indahnya lingkaran pelangi dan asap-

haaai! kemarin aku udah cerita  tentang PESONA DANAU GUNUNG TUJUH, yg merupakan DANAU TERTINGGI SEASIA TENGGARA.

Well guys! hari ini aku mo cerita tentang air terjun yg berasal dari danau itu. Air terjun yang tingginya 50 meter, dikelilingi asap dan pelangi indah, dan konon katanya… ada Goa yang luas dibalik air terjun ini, namun belum ada orang yg berhasil menembusnya karena air terjun ini begitu deras…

Masyarakat Jambi aja belum banyak yang tau soal DANAU TERTINGGI SEASIA TENGGARA ini lhoo!!!

Cekidot ya!! Jaya Jambi!!!

Kerinci terkenal kaya akan objek wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Telun Berasap. Selain memberikan kesejukan, Air Terjun Telun Berasap juga memiliki cerita unik yang belum terpecahkan. SUARA gemuruh air yang terhempas ke batu terdengar nyaring ketika sampai di kawasan perbatasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat dengan Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

 Kepenatan setelah menempuh perjalanan panjang sejauh 60 km dari pusat Kota Sungaipenuh, seakan terbayar dengan indahnya panorama alam di kawasan tersebut. Dari kejauhan terlihat jelas Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, dan deretan gunung tujuh yang terlihat menantang.

Tak jauh dari jalan raya, terdapat Air Terjun Telun Berasap yang menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Kerinci untuk menggaet wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Air terjun itu memiliki ketinggian sekitar 50 meter, bersumber dari air Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Sebagai bagian dari Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh, kehadiran Air Terjun Telun Berasap merupakan fantasi alam yang cukup menakjubkan. Masyarakat setempat memberikan nama Telun Berasap karena air terjun ini selalu diselimuti kabut asap, akibat air yang terhempas ke batu dan menguap.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang terjal. Di sepanjang anak tangga tersebut, terdapat pula pohon-pohon besar yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Jalan yang dilewati cukup menantang dan membutuhkan fisik yang prima. Tapi jangan takut, bagi pengunjung yang membutuhkan tempat beristirahat sudah disediakan tempat peristirahatan di sepanjang anak tangga.

 Keunikan lainnya adalah, dibalik air terjun tersebut, konon katanya terdapat sebuah goa yang cukup luas. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini belum ada satupun manusia yang berani memasuki goa tersebut lantaran derasnya air terjun.

Di sepanjang perjalanan menuju Telun Berasap, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan berbagai hasil pertanian, seperti perkebunan Teh Kayu Aro, perkebunan kulit manis, dan perkebunan rakyat lainnya, seperti kentang, kol, cabe, dan berbagai hasil pertanian lainnya.

“Sangat luar biasa. Saya puas menikmati keindahan alam di sini. Tidak sia-sia saya datang dari jauh dan mengeluarkan biaya yang besar setelah melihat pemandangan seindah ini,” kata Asmardi, warga Tarutung, Kecamatan Batang Merangin yang berlibur bersama keluarganya.

Ia mengaku sudah lima kali mengunjungi Air Terjun Telun berasap, namun tidak mengurangi niatnya untuk selalu berkunjung ketempat itu. “Biasanya jika ada hari libur kami sekeluarga selalu berkunjung ke Kerinci,” ujarnya.

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, juga dibangun berbagai fasilitas penginapan di sekitar lokasi tersebut, selain itu juga disediakan rumah makan, sehingga pengunjung tidak perlu lagi mencari makanan hingga ke Kota Sungaipenuh.(*)

Metro Jambi
Ditulis oleh Wirdianto, Sungaipenuh
Senin, 14 Juni 2010 17:43

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on July 30, 2011, in Wisata Jambi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: