Danau Gunung Tujuh – Taman Nasional Kerinci Sebelat

“wisata ke Bali! Ah tidak, lombok saja! Jangan! Jalan-jalan murah ke Singapura aja! Belanja di Malaysia kyknya lebih asik deh!! wisata ke eropa lebih keren nih! atau safari ke afrika?”  

Gimana kalo kita ke Jambi aja, ada DANAU TERTINGGI SE-ASIA TENGGARA LHO?!

orang-orang dengan uang berlebih yang suka travelling tentu memiliki banyak pilihan untuk memanjakan diri. Ada yang memilih tempat dengan panorama alam yang indah, budaya yang unik, belanja murah, dan banyak alasan lainnya. Tentu tiap tempat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang harus dipertimbangkan. Apakah jambi masuk ke dalam salah satu kota yang bisa dipertimbangkan sebagai destinasi wisata?

Indonesia semakin gencar mengkampanyekan visit Indonesia. Jambi, kota kelahiranku itu pun tak mau kalah mensukseskan kampanye itu dengan menyerukan visit Jambi. Melihat hal itu, aku tergelitik, “visit Jambi? Apa yang bisa dikunjungi di Jambi? Apa tempat wisata yang bagus di Jambi?”  Baiklah, mari kita telusuri lebih jauh, apa yang dimiliki oleh provinsi yang terletak di pulau Sumatera, bagian barat Indonesia ini. Untuk posting Kali ini, kita akan membahas Danau Gunung Tujuh, Taman Nasional Kerinci Sebelatyang masuk kedalam daftar 10 destinasi wisata eksotis di Indonesia, Check this out!

Danau tertinggi se asia tenggara

Danau tertinggi se asia tenggara

Danau Gunung Tujuh merupakan objek wisata paling favorit di Kabupaten Kerinci dan sekitarnya. Sementara, letaknya yang berada pada ketinggian 1.996 meter dpl, menjadikan danau ini sebagai DANAU TERTINGGI DI ASIA TENGGARA. Selain alamnya yang asri, panorama di danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini sangat indah. Selain panorama alamnya yang indah, danau ini dikelilingi oleh enam gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 meter dpl, Gunung Hulu Sangir (2.330 meter dpl), Gunung Mandura Besi (2.418 meter dpl), Gunung Selasih (2.230 meter dpl), Gunung Jar Panggang (2.469 meter dpl), dan Gunung Tujuh (2.732 meter dpl) yang puncaknya paling tinggi.

Bukan cuma itu, sebagai kawasan yang menjadi salah satu sentra keanekaragaman hayati, di kawasan Danau Gunung Tujuh ini juga hidup berbagai jenis satwa khas TNKS seperti harimau sumatera (Panthera tigris sumatranensis), siamang, beruang madu, babi hutan, tapir, bermacam burung dan beragam jenis kupu-kupu. Tumbuhan yang hidup di kawasan ini pun beragam dengan primadona berbagai jenis anggrek alam dan bunga kantong semar. Selain itu ada pula Air Terjun Gunung Tujuh, dengan ketinggian puluhan meter yang bersumber dari Danau Gunung Tujuh. Pengunjung yang ingin mencapai air terjun ini bisa melalui jalur setapak tidak jauh dari bekas wisma peristirahatan di dekat pos jaga di kaki gunung.

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on July 28, 2011, in Wisata Jambi. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. ” Memang TOP banget Danau Gunung Tujuh,,,,, Aku pernah Kesana,,,,, Salut,kagum ,,,,,, tenang dan DAmai, kebetulan waktu itu dilokasi cuma hanya Aku Berdua sama Teman ,,, jadi kesunyian Terasa bnget, ,,,, ,,,,,, DANAU GUNUNG TUJUH , kapan ya aku bisa bercumbu dengan mu lagi ,,,hehehheheeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: