Beberapa pertanyaanku untuk dosen yang menyusun pertanyaan ujian besok.. (iseng aja–TKP)

Gak kerasa ya, ini udah musim ujian tengah semester lagi..
rasanya baru kemarin kita gempar ujian akhir semester 2, dan gempar juga karna catatanku yang dibaca oleh ketua manajemen..
^^,
(buat yang belum tau apa itu “catatanku yang dibaca oleh ketua jurusan manajemen” silahkan baca disini)

Agar kejadian itu tak terulang, aku akan menumpahkan uneg2ku di notes ini aja, ga usah di kertas ujian dh, bahaya..

Iseng sekali, aku ingin bertanya kepada dosen yang menyusun pertanyaan untuk ujian besok..

1. “apakah dulu Gayus tambunan dan Bob Sadino menghafal teori2 TKP?”
2. “apakah orang yang tidak bisa mengelola perusahaan dulunya tidak belajar TKP?”
3. “apakah orang yang tidak belajar TKP tidak bisa mengelola perusahaan?”
4. “apakah kita pasti bisa mengelola perusahaan dengan baik jika bisa menghafal teori TKP?”

Gayus Tambunan, seorang yang berpendidikan, aku rasa ia sangat mengerti mengenai tata kelola perusahaan yang baik, aku jadi ingin tahu, apa dulu saat dia kuliah ada pelajaran GCG? nilai apa yang ia dapat untuk. mata kuliah itu? Lalu, kenapa ia korupsi? heboh sekali kasusnya di tV..

Bob Sadino, pendidikannya tidak tinggi, aku rasa ia tidak dapat pelajaran formal mengenai GCG. Apa nilai tertulis yang ia dapat di ijazahnya untuk mata kuliah ini? aku rasa tidak ada.. (eh, pendidikan terakhirnya apa sih)

tapi terkenal sekali ia karena kesuksesannya sebagai seorang enterpreneur..

Sekarang aku belajar GCG.. besok ujian, dan aku berusaha menghafal teori-teori..

apa besok jika aku mendapatkan nilai A misalnya untuk pelajaran GCG ini, lantas aku dijamin bisa mengelola perusahaan dengan baik?

apakah jika mendapatkan nilai yang bagus, aku bisa mendapat sertifikat “bukan calon koruptor”?

apakah jika aku hafal itu semua, aku mendapat sertifikat sebagai calon pemilik atau calon pengelola perusahaan yang baik?

Coba satu orang saja, ada yang berani menjawab pertanyaanku ini dengan kata “YA!”

(adakah?)

Sebelum aku belajar, tadi aku mensugesti diri

“JUWAI, kamu itu belajar BUKAN KARENA BESOK MAU UJIAN TATA KELOLA PERUSAHAAN, BUKAN KARENA MENGHARAP NILAI, TETAPI belajarlah KARENA KAMU AKAN MENGELOLA PERUSAHAAN BESOK”

aku berharap termotivasi, ternyata nihil..

aku lebih tertarik menulis notes ini..

Malam ini galau karena Good Corporate Governance , ah pelajaran ini.. terlalu normatif.

Kalau aku tidak salah, pengertian GCG atau TKP (Tata Kelola Perusahaan yang baik) adalah suatu sistem yang mengatur hak dan kewajiban para pemangku kepentingan, mengatur tata cara mengambil keputusan, serta peraturan-peraturan yang lain soal etika dan perilaku yang berguna untuk mewujudkan performa yang baik suatu perusahaan sehingga bisa mencapai tujuannya.

setidaknya itu yang berusaha aku pahami tadi…

Besok akan ada banyak pertanyaan pilihan ganda, true false statement, dan essay,, aku tak bisa memprediksi pertanyaannya, yang aku tahu adalah jawabannya mungkin ada di UU. No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, KNKG, atau OECD,

apakah seorang presiden direktur Perusahaan top 10 di Indonesia hafal itu semua??? baiklah, setidaknya mereka mengerti..

–apakah ada hubungannya antara menghafal teori TKP dan kemampuan mengelola perusahaan?–

jawabannya mungkin iya..

tapi tidak ada jaminan hafalan teori itu bisa menjamin kemampuan..

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on November 15, 2010, in Pemikiran Sakti Wai. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

