Universitas Bakrie: Dari kacamata mahasiswa

Updated: Post ini sifatnya sangat subjektif dan ditulis pada tahun 2011. Pertanyaan seputar penerimaan mahasiswa baru, biaya, fasilitas belajar terbaru, silahkan lihat di website resmi Universitas Bakrie disini, atau mention twitter @UBCampus.

——

Anda baru lulus SMA dan bingung Mau kuliah dimana? Tertarik dengan beasiswa? Mau cari Info tentang kampus Universitas Bakrie? silahkan menikmati tulisan mengenai kampus yang berslogan Technopreneur ini.

(ditulis berdasarkan pengalaman saya selama 4 semester di UB)

  • Bagaimana fasilitasnya?
  • Beasiswa S.1 Universitas Bakrie?
  • Bagaimana dengan dosennya?
  • Jangan-jangan mahasiswi disini mahasiswi buangan yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri?
  • Apakah ada kontrak kerja setelah lulus dari Universitas Bakrie?
  • Bagaimana proses belajarnya?
  • Bagaimana Beban Kuliahnya?
  • Soal IP?
  • Pengembangan minat dan bakat mahasiswa?
  • Ospeknya menyiksa seperti kampus lain?
  • Apakah kampus memperhatikan kesejahteraan mahasiswanya?
  • Beasiswa Universitas Bakrie mencakup apa saja?
  • Tes Beasiswa Universitas Bakrie susah ga?
  • Biaya kuliah di Universitas Bakrie bagi jalur reguler?
  • Ospek Universitas Bakrie?
  • Jurusan IPA, masuk jurusan IPS, susah gak?
  • Biaya Hidup di sekitar Universitas Bakrie?Kos-kosan di sekitar Universitas Bakrie?

(update: ternyata banyak orang yang search di google, dan memasukkan keyword ” universitas Bakrie Bagus ga ? “, dan posting ini pun keluar. Smoga tulisan sy ini bermanfaat)

  “Universitas Bakrie? Belum banyak yang kenal, sepertinya tidak terlalu bagus” . benarkah?

Anda berfikir begitu? Jujur saja, dulu pun aku juga. Kampus ini kan swasta, baru pula. Bahkan (ketika dulu aku baru masuk) belum ada yang lulus. berbagai pertanyaan di atas muncul di otakku. Awalnya Beasiswanya lah yang membuatku lebih memilih kampus ini daripada perguruan tinggi negeri idamanku. Memang, aku juga mendapatkan beasiswa di beberapa universitas swasta lain, bahkan ada juga beasiswa yang kuterima untuk jurusan kedokteran di salah satu universitas swasta. Namun, Setelah aku mengikuti tes seleksi masuk Universitas Bakrie dan mendapat pengumuman bahwa aku berhasil meraih beasiswa mahasiswa berprestasi, maka aku putuskan untuk memilih kampus yang saat ini berlokasi di kuningan Jakarta selatan ini.

Bagaimana fasilitasnya?              

Keraguanku akan kampus ini hilang ketika aku mendatangi kampus ini. Hari pertama berkunjung sangat mengesankan. Fasilitas kampus ini benar-benar luar biasa. Full AC mulai dari kelas, koridor, hingga lobby. Lantainya bersih mengkilap, tak ada setitik debupun menempel, ruang kelas yang sangat nyaman serta dilengkapi papan tulis layar sentuh (smart board), perpustakaan yang canggih, dan yang paling mengesankan adalah toilet. Benar-benar toilet yang berkelas. Bersih, kering, tanpa becek dan bau, bahkan ada shower. LUAR BIASA! Ow ya, ada DISPENSER juga airnya boleh diambil oleh semua mahasiswa, gratis… :) ada locker juga buat mahasiswanya. oke banget deh..

Letaknya yang strategis di kawasan episentrum pun memberikan kemudahan akses fasilitas mall, kolam renang, GOR, rumah sakit MMC, Epiwalk, Apartemen Rasuna, dan banyaaak fasilitas rasuna lain.

Beasiswa S.1 Universitas Bakrie?

Apa saja fasilitas yang didapatkan oleh penerima beasiswa? hm.. beragam. paket beasiswa berbeda-beda setiap tahun penerimaan. Kebetulan saya adalah mahasiswi angkatan 2009, beasiswa yang saya dapat adalah uang kuliah semuuuaanyaa gratis selama 4 tahun,1 unit laptop, text book untuk semua mata kuliah (harganya rata2 ratusan ribu per buku), dan gratisan lainnya.

Untuk tahun ini (2014) skema beasiswa Universitas Bakrie berbeda. Ada 3 jenis beasiswa yang ditawarkan sesuai dengan peringkat tes ujian masuk Universitas Bakrie. Untuk detail perhitungan beasiswa, bisa dilihat di posting khusus tentang Beasiswa Universitas Bakrie.  Jika tidak mendapatkan beasiswa, maka kamu harus membayar sejumlah uang kuliah, detail perhitungan uang kuliah di Universitas bakrie bisa dilihat di posting khusus tentang Biaya Kuliah di Universitas Bakrie

Bagaimana dengan dosennya?

Jujur aku salut. Aku kuliah di jurusan manajemen dan diajar oleh dosen-dosen yang juga praktisi perusahaan. Misalnya, ada dosenku mantan direktur Sumber daya manusia di perusahaan yang terkenal di Indonesia yang sangat berpengalaman untuk mengajar mata kuliah human resources management. Sedangkan mata kuliah seperti sociology, dosennya adalah tim dosen dari Universitas Indonesia; mata kuliah business communication adalah tim dosen dari Universitas Padjajaran; dosen ITB, dosen mata kuliah agama islam adalah tim dosen dari UIN dan banyak lagi. Ada pula pengusaha yang menjadi dosen untuk mengajar mata kuliah entrepreneurship. Benar-benar pengajar yang berpengalaman dan jelas bisa memberikan ilmunya.

Hebohnya lagi, dosen disini baik sekali. Pernah ada dosen yang mentraktir mahasiswanya sekelas untuk sarapan di dunkin donutz; atau juga makan di Bakmi GM. Super baik deh….

tapi.. seperti kampus lain, disini ada juga sih dosen yang galak dan “pelit nilai”. Tapi, untungnya setiap semester selalu ada “evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM) semacam survey untuk mengukur kemampuan dosen, sehingga bisa mengurangi “ketidakcocokan antara cara mengajar dosen dengan cara mahasiswa menerima pelajaran”

Jangan-jangan mahasiswi disini mahasiswi buangan yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri?

SALAH BESAR! Mahasiswa Bakrie justru adalah orang-orang terpilih.  Bayangkan, pihak Bakrie mengadakan beberapa kali tes USM di banyak provinsi di Indonesia. Dari sekian orang yang mengikuti seleksi dari aceh sampai papua, yang diterima untuk mendapatkan beasiswa hanya 220 orang saja per tahunnya. Wajar saja jika kami mahasiswa Bakrie beragam kebudayaannya, mulai dari aceh hingga papua pun ada. Orang-orang buangan? Tidak, bahkan ada temanku yang telah diterima fakultas di tinggi negeri, justru lebih memilih Universitas Bakrie.

Apakah ada kontrak kerja setelah lulus dari Universitas Bakrie?

Universitas Bakrie membangun atmosfer technopreneur. Jika berkuliah disini, terasa sekali jiwa pengusaha. Banyak dosen yang menularkan semangatnya kepada mahasiswa untuk membangun usaha sendiri, sehingga banyak mahasiswa berlomba-lomba untuk membuat rencana bisnis. Bingung mencari Modal bisnis? Kampus UB menyediakan Inkubator Bisnis untuk membantu mahasiswa mengembangkan bisnisnya. Tidak heran kalau di UB banyak mahasiswa yang sudah mulai buka usaha sendiri.

Namun, hal itu bukan berarti UB tidak mendukung mahasiswa yang ingin mencari kerja setelah lulus. Kampus ini tetap mendukung semua minat dan bakat mahasiswa. Ada bantuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris siswa, softskill, dan keterampilan lain yang dibutuhkan jika menjadi pegawai di perusahaan. Pokoknya kampus ini benar-benar asik!

Update: Alhamdulillah ak keterima di program Young Leaders For Indonesia 2012 dari perusahaan McKinsey, FYI Mckinsey ini adalah consulting company terbesar di dunia, dan anak2 yg masuk program ini telah melewati seleksi. Alhamdulillah, ak dari Bakrie, bisa masuk ke deretan nama2 yang lolos, di antara anak-anak National University of Singapore, NTU, UI, ITB, UGM, ITS, dsb.

Bagaimana proses belajarnya?

Hm.. Saranku, jika bahasa Inggrismu kurang lancar, maka perbaikilah sebelum masuk ke kampus ini. Bayangkan, semua buku kami adalah buku-buku dari luar negeri yang jelas bahasanya adalah bahasa inggris. Slide yang ditampilkan dosen juga menggunakan bahasa inggris semua, kecuali mata kuliah agama dan bahasa indonesia. Aku yang sudah pernah lulus level conversation di salah satu lembaga kursus bahasa inggris pun masih kelabakan ketika pertama kali membaca buku tersebut. Mungkin karena latar belakangku ketika SMA adalah IPA sehingga perlu penyesuaian dengan pelajaran-pelajaran manajemen (IPS) dengan pengantar bahasa inggris kurang lebih selama 3 bulan pertama kuliah. Setelah itu, belajar di kampus ini akan terasa lebih ringan. Malah lebih susah jika menggunakan bahasa Indonesia.

Bagaimana Beban Kuliahnya?

Banyak orang yang bilang, kuliah manajemen itu kuliah yang santai. TIDAK! Jika anda adalah calon mahasiswa yang hanya ingin bersantai, jangan masuk UB. Disini akan ada banyak tugas dan jadwal kuliah yang ketat. Jika kehadiranmu tidak sampai 80% dari total kehadiran, maka kamu tidak bisa ikut ujian smester. Kalau soal makalah, itu tergantung silabus yang disusun oleh dosen. Menurutku, kuliah dimana pun sama saja bebannya, yang penting adalah bagaimana cara kita merespon tugas tersebut. Mungkin kamu tipe deadliner, atau mahasiswa yang lebih rajin. Ya, apapun gaya belajarmu, yang penting adalah kamu bisa mengikuti proses tempaan untuk menjadi mahasiswa yang membanggakan orang tua.

Soal IP?

Hm.. Kebetulan aku adalah salah satu penerima beasiswa, jadi setiap smester ada kewajiban yang mengharuskanku untuk mendapatkan IP diatas 3.00. Susah kah? Awalnya aku cemas. Di semester pertama aku deg-degan, karena IP adalah penentu beasiswa. Jika IPK dibawa 3.00, maka beasiswaku dicabut.Ternyata, dapet IP 3 itu mudah kok. sama kyk dapetin 7.5 di waktu SMA. Lalu apa hasilnya? Alhamdulillah, Allah memberikan IP yang nyaris sempurna di semester pertamaku di Universitas Bakrie. Bahkan sekarang, di semester ke 4, aku masih bisa mempertahankan IPK cumlaude ku. *for my lovely parents :)

Pengembangan minat dan bakat mahasiswa?

Di kampus UB ada banyak UKMa (Unit kegiatan Mahasiswa). Di semester 1 aku sangat aktif di UKMa Teater. Di semester pertama, aku berperan sebagai aktris di 4 pementasan dengan judul yang berbeda-beda. Sibuk latihan? Hm.. lumayan, aku pulang diatas pukul 11 malam selama 1 bulan berturut-turut. Untungnya nilai akademisku tidak terpengaruh.

Di semester kedua aku tetap aktif di teater dan mulai bergabung di UKMa Jurnalistik sebagai editor film TV kampus. Aku juga mengikuti proses kaderisasi himpunan mahasiswa, seperti pelatihan time management, leadership, dll. Di semester ini IP ku turun sedikit.

semester ketiga, aku terpilih menjadi ketua UKMa Jurnalistik.  Selain itu aku pun bergabung dengan komunitas di luar kampus, bernama komunitas 1001 buku. Aku, mahasiswa perantau asal Jambi, mulai mengenal banyak tentang Jakarta dari komunitas itu. Akhirnya Ipku di semester ini naik.

Semester keempat, aku belum turun jabatan, masih ketua. Namun sudah mulai sibuk kerja sebagai guru privat,  dan semakin aktif di organisasi di luar kampus. Parahnya, di sebuah organisasi di luar kampus, aku terpilih untuk menjadi koordinator humas dana untuk sebuah event sosial yang melibatkan 1700 orang. IP ku? Entah lah, semoga baik-baik saja, sebentar lagi aku UAS.

(loh kok ini malah jadi curhat ya? -,- )

yasudah, jika Kamu berminat dengan UKMa lain, Tenang aja, ada banyak sekali UKMa di kampus ini. Silahkan cek www.bakrie.ac..id untuk info lebih lanjut

Ospeknya menyiksa? TIDAK SAMA SEKALI!

Ospek di Universitas Bakrie adalah hal yang paling menyenangkan. Bayangkan, mahasiswa baru dilayani dengan sangat baik. Diberi makanan sehat, susu, bahkan vitamin! Ya! Setiap hari selama OSPEk mahasiswa diberi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak drop. Luar biasa bukan?

Apakah kampus memperhatikan kesejahteraan mahasiswanya? Sangat!

Ini  ceritaku ketika mendapat sebuah kecelakaan kecil di dalam area kampus. Karena kecelakaan itu aku harus dilarikan di rumah sakit dan masuk UGD. Siapa yang mengurusku? Pihak kampus lah yang merawatku mulai dari tempat terjadinya kecelakaan di dalam kampus, mendampingi di UGD, rontgen, hingga selesai penebusan resep di rumah sakit. Hebatnya, biaya semua proses penyembuhan itu ditanggung oleh kampus.

Dari tadi meceritakan kebaikan, lantas apa buruknya Kampus UB?

Pertanyaan yang sulit. Jawabanku adalah: ACnya terlalu dingin, bahkan bisa membuat air biasa seperti air yang baru keluar dari kulkas. Tidak percaya? Silahkan datang ke kampusku! Selain itu, tempatnya yang sangat strategis, di bawah Mall, di dekat epicentrum walk, XXI, Gor sumantri, apartemen, dll, menjadikanku TIDAK MERASA KULIAH DI KAMPUS, TETAPI DI SEBUAH KAWASAN PERKANTORAN. -____-! Semoga pembangunan kampus yang luas banget di Bogor itu cepat selesai, amin. terus juga ga enaknya di UB ga ada Smester pendek (SP) seperti di kampus lainga ada double degree, T_T

Selain itu, di kampus ini suasana yang terbentuk adalah academic oriented, belum ad program kampus untuk mendorong mahasiswanya untuk melakukan aksi sosial yang berbakti pada masyarakat disamping kegiatan kuliah. Beberapa kampus lain ada yang memberikan poin khusus untuk kegiatan2 nonakademik mahasiswanya, sehingga di akhir kuliah mereka akan mendapatkan 2 transkrip nilai: nilai akademik dan poin kegiatan nonacademik seperti organisasi, kegiatan sosial, dll.

Yap! Begitulah kampusku.. berminat? Pendaftara beasiswa S.1 di Universitas Bakrie sudah dibuka. Silahkan buka websitenya di www.bakrie.ac.id , disana dijelaskan bagaimana cara mendapatkan beasiswa, jalur masuk universitas bakrie, biaya kuliah di universitas bakrie bagi yang jalur reguler, sarana dan prasarana universitas bakrie, dan lainnya.

FAQ (Update berdasarkan keywords yg sering masuk)

  • Tes Beasiswa Universitas Bakrie susah ga?

Tesnya.. hm.. susah atau mudah itu relatif.. Bagi saya, lebih susah disuruh main bola voli daripada tes Bakrie. hehe ^_^ Materi tes beasiswa Universitas Bakrie itu ada IPA dan IPS, tergantung jurusan sih..

  • Ospek Universitas Bakrie?

Ospeknya seru dan enak! Perbaikan gizi lah. Biasanya selalu ada outbound di luar kota, ky desa2 gitu yg ada air terjunnya. Jangan takut kelaparan, karena pas ospek pasti dikasi susu dan vitamin ^_^

  • Jurusan IPA, masuk jurusan IPS, susah gak?

Lagi-lagi.. susah atau gak ini tergantung kecepatan setiap individu untuk beradaptasi ya… sy dulu dari jurusan IPA, yg sama sekali ga suka IPS bahkan! haha.. Selagi punya keinginan dan semangat untuk belajar, ya bisa lah dapet IP diatas 3 di semster pertama (bahkan bisa 4) :D

  • Biaya Hidup di sekitar Universitas Bakrie?

Hidup di Jakarta itu.. tergantung orangnya ya.. ada yang sekali makan 5.000 cukup, ada yang 20.000 per makan, yaa namanya juga jakarta.. dari yang paling murah sampe yang paling mahal itu ada. Kalo rajin masak bisa lebih hemat ^_^

  • Kos-kosan di sekitar Universitas Bakrie?

Kos-kosan itu bervariasi. (again) Jakarta itu semuanya ada. Mau kos-kosan sederhana 300 ribu per bulan atau apartemen yang 5 juta per bulan. Di sekitar kampus ada semua.  :)

Hm.. ada pertanyaan lain? atau anda mau tahu “keunikan identitas Mahasiswa Bakrie” atau “mahasiswa Bakrie menanggapi respon masyarakat tentang lumpur lapindo”

masih ragu????? silahkan cek website resmi Universitas Bakrie atau bisa juga datang langsung ke kampus UB. :)

About waididudidam

-I might not be the best daughter in the world, but I will do my best for my parents. -(Sedang Berusaha Menjadi) Cerdas, Berintegritas, dan Bermanfaat -(Dalam Proses Menuju) Juwairiyyah, S.E

Posted on May 17, 2011, in info kampus and tagged , , , . Bookmark the permalink. 108 Comments.

  1. wahh ane semakin semangat mas bro untuk kuliah ke sana … ane jga salah satu pelajar yg beruntung mendapatkan beasiswa S1 di Universitas Bakrie …
    semoga saja saya berhasil di Universitas Bakrie .. dgn nilain IPK di atas 3,4 … mohon bimbingannya yaa Mas bro …

    • waw.. CONGRATULATION!!! selamat ya udah berhasil dapetin beasisswa untuk kuliah di kampus yang super keren ini.. :) jurusan apa?
      tulisan ini boleh dishare ke temen2 kamu biar semangatnya menular..
      sukses ya! Sampai ketemu di Kampus UB! :)

  2. ane di SMA jurusan IPA .. Tapi ambil jurusan ILMU POLITIK di UB ..
    ntr kirim ke email ane almnt FB n YM nya yaa mba’ …
    thanks …

  3. Hhhuuuuaaa,, nemu blognya kak Wai…
    Baca posting ini jadi semakin ga sabar mau kuliaah… Besok aku mau cari tempat kost kak Sama Bayu dan 1 orang lainnya (dia jurusan Tek. Industri) :-D

  4. @tradut
    okee,, cek email ya udah dikirim tuh :)

    @ana
    semoga dapet kosan yang nyaman.. :D

  5. mba tolong minta alamat fb nya dong.
    thanks sebelumnya :)

  6. Halo mbak. Makasih banyak postingnya. Jadi makin semangat mau masuk sana hahahaha alhamdulillah saya calon mahasiswi teknik industri, full scholarship juga. Ipk 3 beneran gak susah kan? Saya soalnya parno setengah mampus mbak, mana english skill saya bates yes no=_= hahahaha minta alamat fb nya ya mbak. Sukron :)

    • IPK 3 tuh tergantung cara belajar kita dan tergantung dosen juga.. :D *dimana2 kuliah gitu,
      kl udah pinteeer, tapi dosennya perfeksionis banget, nilainya ya tetep pas2an, hehe..
      fbnya aku mssg ke email km aja ya, ntar kl ngeadd tolong kasi mssg bhw kamu yg komen di blogku (kalo yg ngeadd ak ga kenal, jarang diapprove hehe)
      sampai ketemu di kampuuuss..
      ^_^

  7. @rikarhmwti : iya sama2 …. *apaan sihh …
    MaBa asal dr mana nih ? salam kenal yaa .. saya juga baru lohhh :D

  8. wah,kok jd rada ngeri dg bhs.ing nya ya ka’ ._.
    khawatir jg ga bs dpet ip 3.00 trus ntar beasiswa nya dicabut..tp ospek kdngeran nya asik :)
    dian_netco :)

    • Tenang aja.. :) yang penting mau belajar..
      hm… soal IP, iya sih.. tmenku ad yg beasiswany dicabut.. tapi asal kita mau belajar, bisa aman sih menurutku, apalagi kamu dari netco.. cihuuyy!
      ospeknya seruuuuu

  9. oke deh ka,kaya’ nyo emang harus belajar giat,selama di sma nyantai terus sih :)

  10. artikelnya menyemanagati skali,kbtulan saya juga dtrma beasiswa bakrie taun ini. bisa minta nmr hp atau alamat fb?soalnya saya juga btuh info kak.trims :)

  11. @shikarin n jeby : ndk minta almnt FB ane juga kh ? :D hehheheh *gk penting kaleee*

  12. mas waididudidam, thanks buat share inpohnya…seneng bgt bisa kuliah di UB…=) aku juga seneng dgn lingkungan perkantoran dan mall disitu…xixixi….baguus…*orang desa masuk kota!
    Eh iya, buat Ana en temen2 baru mahasiswi UB lainnya, aku nemu kost baru nih yg ok (udah cape keliling2 cari kost ga ada yg cocok), tp aku pgn sharing berdua sekamar, lumayan bisa dapat AC dgn bulanan Rp. 800,000,-. Ada yg mao sekamar dgnku? email aku y…Furniturnya juga baru, spring bed pulaa…hoho..Alamatnya di menteng atas selatan III, keren kost;an baru, trus bnyk juga mahasiswi baru dari UB, jd kita bisa blajar kelompok huy, dari kampus juga bisa jalan kaki lg. kalo aku ga salah namanya Wisma Putri 25 ato 26 yaah? lupaa..=D cp: hubungi 0816*186*885 or 0812*1000*103 dgn ibu Tesha.

  13. mbak, saya diterima beasiswa bakrie tahun ini, boleh minta info tentang kosan yg deket kampus dimana ? hehe makasih :D

  14. Hehehhehe …. ada yg panggil dgn ” mas ” … :D

  15. Hehehhehe …. ada yg panggil mnggunakan nama depan ” mas ” … :D

  16. saya mau dong kalo ada info kosan bisa hubungi fbku Fadhillah Rojabhy Samad.thanks :)

  17. Waah makin semangat baca postingannya kak :) Boleh minta fb nya juga? ;)

  18. Waw
    makasih banget ka udah share soal UB dan segala hal yang berhubungan dengannya. Habis baca tulisan2 kaka amunisi buat serangan balik orang-orang dengan komentar sinis,apatis,skeptis jadi bertambah, hehe, in a good way of course, so i could be able to backfire without fire, hehe.
    Ohya, aku maba komunikasi, fullscholarship juga (agak dagdigdug awalnya, tapi abis baca tulisan kaka jadi lebih tenang dan optimis :) )
    mohon bantuannya ya ka, makasih :)

  19. Tercengang dan termotivasi setelah baca tulisan di atas.. Mau tanya, untuk seleksi masuknya yang diUJIkan pelajaran apa saja kak? Trimakasih :-)

  20. mau tanya dong kak, kalo ga masuk kualifikasi beasiswa a.k.a mahasiswa reguler bayaran per-semesternya berapa ya? terimakasih :)

  21. kak dari jambi ya? SMA mana? saya dari jambi jg soal’a. >.<
    kak klo di UB itu prodi yang bgus apa ya? saya jurusan IPA nih.

  22. pagi kak, aku mau nanya2 tentang UB dong, minat banget nih :)
    di UB disediakan asrama gak ya? atau harus ngekost?
    kalo boleh tau, soal USM UB sama seperti soal SNMPTN atau enggak? ini maksudnya supaya aku bisa mempersiapkan belajar buat USM UB :D
    jumlah peminat dan daya tampung UB besar gak yaa? kalo peminat banyak tapi daya tampung sedikit kan peluangnya kecil kak hehe :(
    duh maaf ya kak pertanyaan nya banyak banget, pengen banget soalnya kak, tapi kan harus cari tau ‘begini begitu’ nya dulu :)

  23. pagi kak, aku mau nanya2 tentang UB dong, minat banget nih :)
    di UB disediakan asrama gak ya? atau harus ngekost?
    kalo boleh tau, soal USM UB sama seperti soal SNMPTN atau enggak? ini maksudnya supaya aku bisa mempersiapkan belajar buat USM UB :D
    jumlah peminat dan daya tampung UB besar gak yaa? kalo peminat banyak tapi daya tampung sedikit kan peluangnya kecil kak hehe :(
    duh maaf ya kak pertanyaan nya banyak banget, pengen banget soalnya kak, tapi kan harus cari tau ‘begini begitu’ nya dulu :)

    • hay aul..
      wah kl soal2 USM UB kk kurang tau, soalny kk masuk angkatan 2009, soalny mirip2 psikotes gt, kl yg sekarang beda sistem katanya ada ipa dan ips gitu..
      daya tampung mgkn cm 200 mhsisswa se-INdonesia aja yg beasiswa, yg daftar ga tau dh berapa ribuan..
      coba kamu cek aj d http://www.bakrie.ac.id ya.
      smangat y!!

  24. mba’, thun ini UB bka pndftran gk di daerah mkassar ?
    klo buka, kpan di adakanx, dn alamtx dmna ??

  25. selamat siang kak.. saya dari sma n 4 sukabumi.. mau tanya ma share ja nih ..kebetulan saya di terima di pakultas managemen bakrie dan berkesempatan mendapat beasiswa…. oh ia kalo boleh saya minta fbnya ….hehheh

  26. Makasih atas postingannya Kak. Opini keq gini yg aku cari2. :)
    Oiya,Alhamdulillah aku lulus UB jalur PMDK jurs Sistem Informasi n dpet beasiswa penuh.
    Kalo udah lulus PMDK,gada tes2nya lg kn Kak?
    Trus..awal2 kul kn pke english tu,kelabakan bgt ga Kak? Soalnya kmampuan Englishku msh d bwah standar bgt Kak.
    Nnt takutnya berpengaruh sm IP krna ga bisa mmahami pljran dgn baik. Aku minta opini Kak Wai. Makasih. :)
    Oya..nma FB-nya apa kak? :)

    • kl administrasi ak ga ngerti, kl ga salah sih ga ad tes2 lg yah kl udh lulus pmdk :)

      soal b.inggris, jgn khawatirr… km udh lulus itu berarti kamu mampu.. hayo semangat berusaha!! ^^

      kl mw nanya2, di twitterku aj ya @wai_juwai
      ^^

  27. Iya,berusaha itu Pasti! :)
    tp utk english conversation itu aku agak kesulitan Kak. :(
    Kak Wai prlu brapa lama wktu utk bradaptasi dgn pmbljaran kul dlm bhsa inggris? :)

    Wah..aku gaptek soal twitter kak! Haha :D #TertawakanSajaaa
    Nama FB kak aja deh..
    Atau klo ga kberatan add aku ya Kak di http://www.facebook.com/youmiho.chan
    Makasih Kak..
    Semoga kita ketemu di UB :)

    • hay yuchan & gina
      Ga ad yg sulit kok kl mau berusaha..
      masa adaptasinya tergantung masing2 orang..
      bahasa inggris ilmiah itu beda sm conversation biasa, yg pnting itu kita adaptasi dgn vocab2 ekonomi.. :D
      kalian pasti bisa dh

  28. halo kak.. mau tanya nih klo udah lulus PMDK di UB apa sudah benar” lulus ?? oh iya kak, mslah bhs.inggris, akunya msih kurang :( jdi gmna dong kak ?? akunya sedikit takuutt gitu kak hehehe

  29. halo kak, sy lolos pmdk nya ub nih jurusan teknologi pangan. kan aku bakal jd angkatan prtama tuh, kira2 fasilitasnya bakal memadai gk ya? seperti laboratorium dsb?prtanyaan yg trpenting, bagaimana sih pandangan masyarakat/perusahaan2 trkenal terhadap universitas bakrie yg masih berumur jagung ini?? hehe maaf banyak tanya

    • Pandangan masyarakat? Hm… bagi yg ga tau apa itu bakrie, ya mungkin bertanya2 (kamu salah satunya) hehe.. tapi aku sih jalanin aja, ternyata kuliah di bakrie bagus2 aja, buktinya ak keterima magang di McKinsey, salah satu perusahaan konsultan manajemen terbesar di dunia. Anak2 yg keterima magang ini ada yang dari NTU singapur, Medan, UI, ITB, UGM, dll..
      at the end of the day, it depends on your own quality, bukan kualitas kampusnya.
      Soal fasilitas anak teknik ak kurang ngerti, soalny ak anak manajemen.. coba kamu cek langsung ke pihak kampus ya :)

  30. hai kak, boleh tanya gak? kalo yang keterima PMDK bakrie apakah dari awal sudah ada ikatan kontrak kerja dengan perusahaan Bakrie? kalau saya pribadi justru tidak ingin ada ikatan kerja, tetapi saya ingin buka usaha sendiri. Mohon infonya dan terimakasih :)

  31. wah kak semakin bangga aja saya dapet di bakrie. semoga saya bisa kayak kakak deh yg bisa mempertahankan IP. doain ya kak dan salam kenal hehe

  32. k di ub bahasa pengantarnya b.indo apa b.inggris? terus bukunya emang inggris semua y k?

  33. aku keterima di universitas bakrie tahun ini, tapi belum tau mau kos dimana.. minta info kosan deket kampus dong kak..

  34. nice info kak! im the new student of bakrie university majoring in accounting..
    makin bangga bisa kuliah di kampus UB :D

  35. Nama saya Ahmad, saya sekarang sekolah di SMAN 7 Banjarmasin. Saya cukup berminat masuk ke ilmu politik universitas bakrie. Apalagi utk mendapatkan beasiswa penuhnya, saya sangat berminat.

    Bisa ga ka minta tolong utk mencarikan info trkait PMDK dan USM UB utk tahun 2013 nanti?

    Saya sekarang jurusan IPA, bagaimana peluangnya utk masuk ilpol UB yg notabene jurusan IPS?

    O.ya, kalau boleh, bisa saya mnta nomor hp kaka? Utk tanya2 lbh lanjut trkait UB.

    Makasih ka.

    • Hai Ahmad,terimakasih sudah membaca blog ku. :)
      Aku cuma mahasiswa,kl mau tau info seperti itu, langsung saja masuk ke website resmi bakrie.
      Info soal penerimaan mahasiswa baru, bagaimana USM, cara mendapatkan beasiswa, ada di sana.
      Kalau masih belum jelas, lebih baik telfon ke admisi UB aja ya.
      Aku insyaallah akan lulus dari Bakrie sebentar lagi.

  36. Halo kak, aku udah baca dan artikel kakak bikin aku makin yakin buat daftar di UB :) aku juga udah buka link bakrie.ac.id juga tapi disitu kok ga ada ketentuan2 masuk situ ya kak kaya harus ranking 5 besar dr semester 1-5 dsb. Apa kalo di UB ini nilai rapot tidak begitu penting sbg penilaiannya jd kita masuk disitu hanya melalui tes PMDK? Makasih kak. :)

  37. halo kak terima kasih atas informasinya q sudah bca semua. jadi pengen daftar sepertinya menarik. 【°_°】

  38. setahu saya yg namanya UB itu Universitas Brawijaya, baru dengar Universitas Bakrie pake singkatan UB juga… :D

  39. wah, tertarik loh ka,
    itu cara dapetin beasiswany gmana ka?(prosedurny) harus PMDK ya

  40. mba, aku anak SMA IPA minat masuk UB management, kira-kira pas ujian seleksi soal-soalnya tuh apa aja?

  41. Hello.. kenalin saya Chintia. saya jurusan IPS sih.. saya mau ngambil jurusan ilmu komunikasi. dan kalo bisa saya mau ngedapetin beasiswa. kalo boleh tau syarat2 buat dapetin beasiswa apa apa aja yaa? trimaksih :D

  42. saya kan udah daftar ke UB, tinggal melengkapi data2 aja.
    tapi saya msh bingung soal beasiswa itu. gmana sh prosedurnya?
    terus pas daftar disitu cuma ada jalur reguler aja, itu bsa dpt beasiswa gak kak?

  43. aku sekarang kelas 12 dan punya rencana mau coba masuk bakrie ini. cuma aku udah nyari-nyari soal biaya kuliahnya kok gaada ya kak? bisa dibantu info gak? hehehe. terus kalo aku ipa mau tes masuk ke komunikasi tesnya gimana yaa? makasih ya kak

  44. ka kira kira untuk lulusan tahun 2011 . masih bisa daftar dan ikut usm tahun 2013 tidak?

  45. terus untuk masalah akreditasi nya di UB sudah A belum untuk jurusan sistem informasi ?

  46. Hei… info biaya kuliah di UB di mana ya? Please share :)

  47. thanks infonya kaaaak semakin yakin saya buat masuk dan gak nyesel gak ikutan sbmptn :))

  48. kak, contoh soal usm UB kayak apa sih ? biar buat bayangan doang :D

  49. hai kak, salam kenal:)
    aku baru tau ttg UB, gara2 sepupu dapet beasiswa disana trs cari2 tau, dan akhirnya baca tulisan diatas. Aku lulus (amin!) tahun 2014 besok kak. Gara2 baca tulisan diatas jadi pengen kuliah di UB, tapi agak ngeri sama biaya-nya kak, kalo reguler, jadi pengen dapet beasiswa sih. Tapi kalo beasiswa gak penuh jg lumayan bgt yah bayarnya. Nah aku mau tanya nih kak, ujian saringan mahasiswanya itu lewat mana iya? trs cara ikut tes beasiswanya itu gmn? online atau gak. soalnya aku di daerah gitu. maaf iya kak banyak ngomong, makasih sebelumnya:)

  50. salam kenal kak, minta tolong gambaran pelajaran agama dong kak :)

    • Untuk pelajaran Agama, pas angkatanku dulu Universitas Bakrie bekerjasama dengan UIN untuk mendeliver kurikulum yang sesuai dengan standar.
      Kalau untuk kegiatan agama di luar jam kuliah, di kampus ini ada banyak organisasi seperti ROHIS (Rohani Islam), Rokhris, dll. Tiap organisasi sangat aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan agama baik yang rutin maupun even-even di waktu tertentu :)

  51. Nindya lanasya bekti

    oh harus bgt lancar bahasa inggris ya?yahh udah niat masuk ub pupus deh. English ku gak lancar2 bgt masalahnya.

  52. kak mau nanya dong info kosan sekitar UB aku lg nyari kostan .. oiya salam kenal ya kak aku jg alhamdulillah keterima bakrie :D

    • Hai salam kenal. :)
      Di sekitar kampus bakrie ada banyak sekali kosan.
      kamu bisa keliling-keliling nyari yang sesuai dengan budget kamu.

      • kak aku alhamdulillah jg dapat beasiswa dari UB kk. dan aku udh ngirim2 data aku bulan maret kmaren. biasa nya setelah kita ngirim data itu, kita musti daftar ulang lagi ga ka?
        solalny sekarang aku blm dapat info apa2 dari UB kak dan aku takutnya ntar aku telat dapat info kak

      • Halo Aisyah!
        Wah, aku ga bisa jawab soal itu. Coba kamu langsung hubungi admisi UB aja ya. Ini nomornya 08567779945
        semoga bisa membantu.
        Salam.

        wai

  53. Kak, kira2 bakrie mulai kuliahnya bulan apa ya kak?
    soalnya aku insyaallah th ini bakalan kuliah di bakrie jg kak ^_^

    • Biasanya tuh Agustus kl ga salah ya.
      Tapi untuk 2014 ini aku kurang tau mulai kuliahnya kapan.
      Coba kamu follow twitter @UBCampus , banyak update2 kegiatan kampus dan kamu bisa tanya-tanya banyak hal :)

  54. Makasih ya kak atas infonya..
    Mau tanya kak, banyak ga disana yg beasiswanya dicabut? Trus bisa ga didapetin lagi beasiswanya? Rada was2 jadinya kalo harus prtahanin ipk 3,00..
    Aku juga ga bisa bahasa inggris kak. Mungkin karna jarang brlatih. Kira2 diawal masuk diajarin dulu ga si bahasa inggris’a? Atau langsung dijejelin bahasa inggris?

    • Hai Lala,
      standarnya kan IPK, bukan IP, jadi jangan khawatir.
      Misalnya, IP kamu smster ini 2,8, beasiswanya ga langsung dicabut karena menunggu semester depannya. Kalo semester depan IP kamu 3,2, berarti IPKnya jadi pas 3.0.
      Aku ga tau sih skrg standar IPK minimal berapa, tapi jangan khawatir, kalo kamu udh lulus tes beasiswa berarti kamu insyaallah mampu bersaing untuk mendapatkan IP segitu. :)

      Gapapa, ga harus jago kok. Bisa pelan2 belajar kl bhs inggris.
      Semangat yaaa.

      ^_^

  55. kak boleh tanya” kan .. :)
    aku kmarin dikasih pmbritahuan dri UB, kalo aku lulus dan dpet beasiswa gemilang. [Alhamdulillah]
    tapi ada yg bilang kak, katanya nanti setelah lulus biaya beasiswa yg diberikan selama kita kuliah harus dikembalikan setelah kita lulus nanti .
    apa itu bnar kak , ? mohon penjelasannya .

    • Hai Hani,
      Wah, alhamdulillah selamat ya.
      Hani, kalo setelah lulus harus dikembalikan, itu namanya Student Loan, bukan scholarship.
      Setauku, di bakrie itu beasiswa kok, bukan student loan, jadi ga perlu dikembalikan.
      Kamu dapat info dari siapa?
      Coba kamu konfirmasi ke nomor telfon admisi UB ya :)

  56. yunita rahma putri

    ass.. kk minta alamat fb nya dong? aku juga dari jambi.. suka ada yg mau ditanyain.. cuma pas send email ke email bakrie ga dibales (mungkin ga kebaca aja kali yah) mksih sblmnya kak. Wass

    • Hai Yunita,
      FB aku sudah dinonaktifkan. Follow twitter aku aja ya @wai_juwai.
      kalau fast response, sebaiknya langsung ke twitter @UBCampus, atau sms ke nomor humas UB. :D

  57. Kak mau tanya kalo beasiswa gemilang itu selain dapet potongan biaya 50% dapet fasilitas gratis semacam text book dan laptop juga ga kak?
    Makasih.. :)

    • hai Adinda,
      wah aku kurang tau juga ya untuk angkatan baru.
      Coba kamu sms ke nomor humas Bakrie, atau ke twitter @UBCampus :D

      • Terima kasih atas semangat dan motivasinya kak .. Saya jadi gak sabar kuliah di sana .. saya slh satu yg beruntung dpt beasiswa gemilang di sana .. Oiya teman-teman di sini ada yg maba di sana .. Aku lg cari tmn untuk ospek dan ngekos brg di sana .. Ini pin aku 73da3e0c .. Makasih :)

  58. anak SMK tekhnik yg di sekolah nya ga ada jurusan IPA atau IPS ,punya peluang buat masuk UB gak sih kak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,982 other followers

%d bloggers like this: